[Artwork] Restu Ratnaningtyas - Bertahan Pelan



Judul        : Bertahan Pelan
Seniman   : Restu Ratnaningtyas
Medium     : Watercolour on paper
Tahun        : 2018

Ingatan membawa pada peristiwa masa lalu sebagai alasan personal seniman untuk membuat karyanya. Tahun 2008 menjadi ingatan awal atas terjadinya peristiwa kebakaran di tempat tinggalnya sebagai tindakan ambil alih pihak tertentu dengan cara tidak manusiawi. Ingatan akan peristiwa tersebut membawa Restu merefleksikan lagi runtutan peristiwa yang selalu terjadi dengan pola kemiripan. Ingatan untuk bertahan sampai akhirnya satu persatu menyerah secara perlahan adalah sebuah perasaan yang hadir kemudian dari sebuah proses panjang yang dilalui.


Restu Ratnaningtyas lahir di Tangerang tahun 1981. Bekerja sebagai seniman dan illustrator juga seorang ibu dari seorang anak.  Menetap di Yogyakarta sejak tahun 2009 hingga sekarang. Biasa menggunakan medium kertas, kain dan video dalam karyanya. Tema tema yang seringkali diangkat adalah masalah aktuil yang terjadi, kemudian  diproyeksikan melalui sudut pandangnya secara personal sebagai seniman, perempuan, dan masyarakat.


IG @restuibu
[Artwork] Restu Ratnaningtyas - Bertahan Pelan [Artwork] Restu Ratnaningtyas - Bertahan Pelan Reviewed by 37 suara on 16.4.18 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.